WASPADA DAN CEGAH DEMAM BERDARAH (VIRUS DENGUE)


WASPADADEMAM BERDARAH


Musim Hujan telah datang kembali, biasanya menjadi momok bagi sebagian masyarakat, karena dengan kondisi yang basah seperti saat ini ,wabah demam berdarah dapat dengan mudah dan cepat menyebar.karena seperti yang kita ketahui penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti betina itu banyak berkembang dimusim pancaroba dan banyak menyerang anak-anak.

Sebenarnya nyamuk Aedes Aegypti itu justru cepat berkembang di air yang bersih yang kondisinya tenang dan diam. Dengan demikian masyarakat hendaknya selalu memperhatikan kebersihan tempat-tempat penampungan air bersih milik nya, termasuk bak mandi, dan selokan yang ada disekitar rumahnya, sehingga dapat terhindar dari bahaya penyakit DemamBerdarah.

Jika diperhatikan penyebab utama penyakitdemam berdarah diakibatkan virus dengue, sebuah virus dari familiFlaviviridae. sedikitnya ada empat jenis virus dengue yang diketahui dapat menyebabkan demam berdarah yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4.Gejala Demam berdarah muncul saat seseorang yang pernah terinfeksi oleh salah satu dari empat jenis virus dengue diatas, kembali mengalami infeksi oleh jenis virusdengue yang berbeda.

Hal itu dimungkinkan karena sistem imun yang sudah terbentuk didalam tubuh setelah infeksi pertama akan mengakibatkan kemunculan gejala penyakit yang lebih parah saat terinfeksi untuk kedua kalinya. Seseorang dapat terinfeksi sedikitnya oleh dua virus dengue selama masa hidup, namun jenis virus dengue hanya dapat menginfeksi satu kali akibat adanya sistem imun tubuh yang terbentuk.

Virus dengue sendiri dapat masuk ketubuh manusia melalui gigitan vektor pembawanya, yaitu nyamuk dari genus aedes aegypti betina dan Aedes Albopictus.aedes aegypti adalah vektor paling banyak ditemukan menyebabkan penyakit ini. Mereka yang dapat membawa virus dengue setelah mereka menghisap darah orang yang telah terinfesi virus tersebut.

GEJALA DEMAM BERDARAH


1. Mendadak panas tinggi selama 2 - 7 hari, tampak lemah lesu suhu badan antara 38ºC sampai 40ºC atau lebih.

2. Tampak binti-bintik merah pada kulit dan jika kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang.

3. Kadang-kadang perdarahan di hidung ( mimisan).

4. Mungkin terjadi muntah darah atau berak darah

5. Tes Torniquet positif

6. Adanya perdarahan yang petekia, akimosis atau purpura

7. Kadang-kadang nyeri ulu hati, karena terjadi perdarahan di lumbung

8. Bila sudah parah, penderita gelisah, ujung tangan dan kaki dingin Berkeringat Perdarahan selaput lendir mukosa, alat cerna gastrointestinal, tempat suntikan atau ditempat lainnya

9. Hematemesis atau melena

10. Trombositopenia ( =100.000 per mm3)

11. Pembesaran plasma yang erathubungannya dengan kenaikan permeabilitas dinding pembuluh darah, yang ditandai dengan munculnya satu atau lebih dari:

  • Kenaikan nilai 20% hematokrit atau lebih tergantung umur dan jenis kelamin
  • Menurunnya nilai hematokrit dari nilai dasar 20 % atau lebih sesudah pengobatan
  • Tanda-tanda pembesaran plasma yaitu efusi pleura, asites, hipo -proteinaemia


1. Pengasapan atau fogging untuk membunuh nyamuk aede aegypti dewasa.
2. lakukan juga dengan cara 3M menguras tempat penampungan air seminggu sekali paling sedikit,menutup tempat penampunga air, mengubur barang-barang bekas yang bisa digenangi air.
3. secara biologis,vektor nyamuk pembawa virus dengue dengan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.
4. pemberian bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air untuk membunuh jentik nyamuk.
(dr.tri rejeki)
Demikian semoga bermanfaat dan kita perhatikan kerbersihan lingkungan kita.

0 comments:

Post a Comment

 

Dunia Kita Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger