Bahaya penggunaan Headset Terlalu sering


Bahaya Penggunaan Headset atau Earphone


Ditahun 2008 saya pernah mengalami gangguan pada Telinga, telinga saya terasa sangat sakit sampai dikepala. Semula saya biarkan saja karena saya pikir itu sakit biasa, tetapi semakin lama semakin terasa sakitnya. Dan  saya rasakan hampir selama satu bulan. Setelah saya perhatikan ternyata penyebabnya berasal dari handphone, saat itu salah satu operator simcard memang sedang promosi untuk simcard baru yang tentu saja menawarkan banyak paket hemat, termasuk telphone murah bahkan gratis, memanfaatkan itu hampir setiap hari selama berjam-jam saya menggunakan handpone saya untuk menelfon, di handphone saya setting volume maksimal, padahal di handpone sudah diperingatkan “volume maksimal bisa merusak pendengaran” ,begitu pesan di handpone saya, teatpi peringatan itu tidak saya gubris sama sekali, dan ahirnya saya mengalami sakit pada telinga saya seperti yang saya ceritakan diatas.

Sejak saat itu saya mulai mengurangi aktifitas telphone saya, karena sangat terasa sekali ketika menganggkat telphone maka rasa sakit ditelinga akan semakin terasa. Mengalami pengalaman seperti diatas sangat tidak mengenakkan, dan jangan sampai pembaca mengalami hal seperti yang saya rasakan, saya masih cukup beruntung karena tidak mengalami gangguan telinga yang lebih parah.

Setelah saya mencari tahu tentang hal diatas, ternyata memang sangat berbahaya sekali menggunakan handphone dengansuara maksimal baik menggunakan headset atau pun secara langsung, berikut ini diantaranya :

1.Kerusakan telinga secara permanen


Hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga. Biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja.

2.Kehilangan pendengaran di usia muda bahkan remaja


Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone atauheadset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat penggunaan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan, biasanya efek akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu, si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya.

3.kerusakan otak 

Gelombang elektromagnetik akibat earphone atau headset inididuga berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetig ini berpengaruh pada listrik otak pada tikus. Namun, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombangelektromagnetik itu pada otak manusia. Tapi yang jelas kita harus tetap waspada.


4. Indera Pendengaran


Mendengarkan  musik dengan earphone atau headset dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia, terutama bila dilakukan dengan volume keras dan dalam jangka waktu lama. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguanpendengaran secara permanen.

Kesimpulan: semoga setelah membaca artikel ini mengingatkan kita khsusnya yang sering menggunakan headset untuk mendengarkan MP3 Atau aktifitas lain dalam jangka waktu yang lama untuk dapat mengurangi atau menghentikan aktifitas tersebut.

salam

0 comments:

Post a Comment

 

Dunia Kita Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger